Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (Stiepar) Manado perduli lingkungan bersihkan Pantai Malalayang, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (7/3/2020).

Seperti topik yang tercatat di baliho yang terpasang di seputar pembersihan “Beach Clean Up” Be Part Of Solution Not Part Of The Polution, (“Membersihkan Pantai” Jadilah jalan keluar, bukan pencemaran).

Mahasiswa atau beberapa dosen kerja bersama sapu dan mengambil tiap sampah di tepian pantai dan langsung diisi di karung.

Usai pengangkatan sampah, faksi kelurahan langsung bekerja bersama dengan mengusung langsung sampah dengan mobil.

Dr Drevy Malalantang Ssi SE MPd MM sebagai direktur Stiepar Manado menjelaskan, mereka mengikutsertakan mahasiswa dan dosen,

“Aktivitas ini untuk perduli lingkungan khususnya pantai, karena Manado, Sulawesi Utara, dikenali dengan rekreasi bahari,” kata Drevy.

Sambungnya, dalam masalah ini mahasiswa kita ajak agar benar-benar lakukan apa yang mereka dalami di universitas mengenai pariwisata ke beberapa hal yang riil.

“Kita harus jadi sisi daripada jalan keluar, bukan jadi sisi untuk ikut mengotori pantai,” sambungnya.

Dia mengharap, warga yang ada di seputar dapat turut sadar jaga lingkungan pantai ini supaya kelihatan bersih.

Dia mengimbau supaya pelancong lokal yang tiba di posisi pantai, sesudah berekreasi tidak tinggalkan sampah.

Untuknya jika tiap hari dan tiap minggu tiba dan tinggalkan sampah karena itu pantai ini bakal menjadi tempat sampah.

Dia ucapkan, aktivitas ini tidak cuma sekali saja tapi akan dengan teratur, tiap akhir pekan mahasiswa akan turun ke pantai selalu untuk jaga dan bersihkan pantai.

“Agar dengan aktivitas semacam ini warga akan turut sadar bersama bersihkan pantai,” sebut Drevy.

Tiap mahasiswa akan sibagi perkelompok dan mereka yang bakal mengawasi dan akan turun tiap minggu jaga kebersihan pantai.

Yang di turunkan lebih kurang 100 mahasiswa, dari jalur management pariwisata dan management perhotelan dan beberapa dosen sebelas orang.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *